Dijanjikan Jadi WNI, Dua Pemain Sepak Bola Korea Tertipu Puluhan Juta

SiaranOlahraga.my.id - Dua pemain sepak bola asal  Korea yang bermain di Liga Indonesia menjadi korban penipuan oleh eks pemain Persita Tangerang, Anthony Jomah Ballah. Dua pemain Korea ini dijanjikan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) namun surat WNI yang diberikan palsu sehingga mengalami kerugian puluhan juta.

Hal ini diungkapkan Yu Hyun Koo,
pemain asing Korea yang memperkuat tim  Semen Padang FC (SPFC) di Liga 2 2020, Yu mengaku awalnya tertipu Rp100 juta, namun akhirnya dikembalikan Rp30 juta, sisa Rp70 juta belum dilunasi pihak penipu.

"Anthony Ballah menjanjikan bisa mengurus saya menjadi WNI, setelah diberikan uangnya dan diurus. Ternyata surat WNI yang diberikannya saat saya cek di Kemenkumham   adalah surat palsu," kata Yu, Kamis (2/4/2020).

Setelah ditanyakan ulang, Anthony Ballah mengakui jika dirinya salah dan meminta maaf lalu bersedia mengembalikan uang hasil penipuan yang dilakukannya. "Dia baru kembalikan Rp30 juta, sisanya sudah tiga bulan lebih belum dilunasi, dia janji-janji terus dan menghindar, nomor saya juga di blok sama dia," ucap Yu.

Yu bahkan sudah melaporkan kejadian ini ke Polres Metro Jakarta Selatan, namun sudah beberapa bulan tidak ada tindak lanjut dari pihak kepolisian. "Saya berharap polisi menangkap Anthony Ballah," ujarnya.

Ia juga mengatakan, memiliki banyak bukti terkait penipuan yang dilakukan oleh Anthony Ballah, baik berupa rekaman, tangkapan layar percakapan di whatsapp dan juga berkas-berkas lainnya. Yu menyebut istri Anthony Ballah juga terlibat dengan kasus penipuan ini.

Tak hanya dirinya yang tertipu, Yu juga menungkapkan mantan kiper Persipura Jayapura, Yoo Jae Hoon juga lebih dulu tertipu oleh Anthony Ballah. "Yoo Jae Hoon tertipu Rp50 juta, tapi sudah dikembalikan Rp30 juta, kejadian penipuan kami berdua terjadi di 2019 lalu," tuturnya.

Sementara itu, Anthony Ballah sendiri saat dikonfirmasi membantah jika telah melakukan penipuan. "Saya tidak punya masalah dengan siapapun di Indonesia," katanya singkat.

Perjuangan Yu menjadi WNI sudah lama dirintisnya, bahkan sebelum di Semen Padang FC, Yu juga sempat mengurus menjadi WNI saat masih berseragam Sriwijaya FC.(sba)

Komentar